ORANG ASLI PAPUA ( OAP) HIDUP
DALAM DESAIN SISTEM KOLONIAL INDONESIA.
sesunggunya berbicara tentang papua adalah isu paling popular didunia dan indonesia, terpopuler nama papua dimana-mana karena ada banyak sebab dan akibat, nama papua mendunia mungkin saja karena isu (kekerasan), militerisasi, eksploitas SDA, perampasan hak-hak OAP, dan kekayaan alam papua,keindahan wisata dan hak penentuan nasip sendiri dan masih banyak sebab akibat membuat nama papua terkenal mendunia. sebentara nama papua barat dibawah kemana-mana, dijual, digadai demi mendapatkan makanan, jabatan, uang oleh pihak-pihak yang berkepentingan, namun sayanya orang-orang tersebut cepat-cepat pergi meninggalkan bumi.
di
sini penulis sebutkan indonesia sebagai kolonial bagi bangsa rakyat
papua yang menjadi pertanyaan adalah “mengapa kita sebut negara indonesia
sebagai kolonial bagi bangsa rakyat west papua?
untuk
menjelaskan dan menyakinkan pembaca tentang sebutan kata kolonialisme perlu
meninjau kembali perjalanan indonesia, belanda dan amerika di papua barat.kata
kolonialisme menurut kkbi [kolonial] makna kolonial: berhubungan dengan sifat jajahan.
contoh: pemerintah kolonial mendirikan perusahaan asing dalam wilayah
jajahanya, kata kolonialisme adalah sebutan oleh kaum yang
dijajah, ditindas, misal belanda menjajah indonesia selama 350 tahun, rakyat
indonesia sebut belanda sebagai kolonialisme/berkoloni di wilayah
indonesia, atau nigeria dijajah inggris jadi, negeria sebut inggris sebagai
colonial sama halnya india dijajah oleh inggris.
beberapa unsur yang memenuhi kata kolonialisme dapat
saya contohkan langsung kolonialisme indonesia terhadap bangsa west papua:
1. batas wilayah: adanya
batas wilayah geografis misalnya wilayah papua barat dari sorong
sampai mereuke sebagai ras melanesia sedangkan bangsa indonesia sabang sampai
ambon sebagai ras melayu(asia tenggara) adanya berbedaan flora dan fauna,jarak
pualau tanah,karaksteristik ekosistem sda.
2. berbedaan ras : adanya
berbedaan ras west papua adalah melanesia vs bangsa indonesia adalah melayu
(orang-orang asia tenggara), berbedaan fisik, mental, kulit, rambut dll.
3. perbedaan sejarah
kemerdekaan :indonesia merdeka sejak 17 agustus 1945 saat berbicara
badan persiapan kemerdekaan indonesia (bpupki) tidak orang papua
yang ikut dan memperjuangan kemerdekaan indonesia,tidak pernah ikut dalam janji
sumpa pemudah, dan tidak pernah terlimpat dalam mengusir belanda. sedangkan
bangsa west papua merdeka sejak 1 desember 1961secar de fakto dan de jure. di
sini kita melihat bawah kedua bangsa yang besar ini memiliki nasionalisme, edeologi
kebangsaan dan sejarah yang berbeda. istilahnya, air dengan minyak
tidak bisa bersatu walaupun bereda dalam satu gelas.
4. adanya gerekan
organisasi kiri dalam wilayah koloninya jadi, ada gerekan tentara pembebasan
nasional-papua barat (tpb-pb) dengan struktur organisasi yang jelas,memiliki
hukum humanitir perang girilya, memiliki ideologi dan adanya basis-basis
organisasi mobilisir rakyat pada umumya tentang hak penentuan nasip
sendiri. sedangkan dari negara indonesia sebut tpn-pb sebagai organisasi
separatis, terorisme dengan sebutan tadi memanfaatkan
militerisasi/operasi di west papua dan akhirnya eskalasi konflik
semakin naik mengorbakan rakyat sipil dan adanya pelanggaran ham
sedang berlangsung.
5. adanya upaya
politik secara terang-terangan oleh indonesia :pemerintah indonesia
menyelenggarakan uu tentang otonomi khusus bagi provinsi papua dan papua barat
tanpa melihat aspirasi dan keinginan kaum rakyat yang dijajah, dan
dintindasnya, adanya upaya melalui kementerian luar negeri melakukan
diplomasi diluar negeri terutama negera-negera yang mendukung hak penentuan
nasip sendiri bagi bangsa rakyat west papua,bahkan rakrutmen afirmasi kedinasan
tni-polri,pns dan perusahaan BUMN bagi orang asli papua (oap) tanpa
memenuhi syarat dan standarnisasi angkatan kerja dalam dunia kerja. dan masih
banyak upaya politik dalam sektor ekenomi, sosial, budaya, agama pendidikan dan
kesehatan yang dilakukan oleh watak kolonialsime indonesia.
6. adanya pembatasan
hak-hak sipil: ruang demokrasi dibungkam,akses internet dimatikan,membatasi
akses jurnalis,terjadi diskriminasi, rassialisme, adanya pemusnahan bahasa, budaya
dll.
7. adanya
kapitalisasi-perusahaaan-perusahaan asing legal dan non legal yang sedang
dieploitasi dengan jaminan uu seperti omnibus law dan memperkuatnya
militer untuk mengamankan jalanya eksploitas korporasi kapitalisme.
Mmasih banyak yang menjelaskan
tentang karakteristik kolonial, namun tujuh point di atas sebagian garis besar sebagai
referensi pengantar dalam memahami konteks-konteks kolonialisme.
Kehidupan OAP DALAM
DESAIN
pengertian desain
wikipedia desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan,
arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. dalam sebuah kalimat, kata
"desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat
dan menciptakan objek baru".sedangkan menurut para ahli Dedi Nurhadiat Desain adalah suatu perencanaan dalam
mewujudkan berbagai gagasan. dan menurut Makna desain di KBBI adalah:
kerangka bentuk; rancangan.
Asumsi kata desain
yang adopsikan ke dalam pola-pola penindasan dan penjajahan oleh kolonialisme
Indonesia seperti yang dijelaskan dalam buku: Pdt.Dr.Socratez Sofyan Yoman dalam
bukunya “Saya bukan Bangsa Budak” :2012 hal. 125. “Penjajahan kolonialisme Indonesia
terhadap bangsa west secara sistematis, terstruktur, konseptualitas dan massif”
atau dalam padanganya Pdt. Dr. Benny Giyai dalam bukunya “Pemusnahaan Etnis
Melanesia memecah kebisuan sejarah kekerasan di papua
barat” :2007. hal. 240. “Orang Papua barat hidup bagaikan babi jadi,analoginya
Ketika babi dikandangnya berteriak memintah makan, atau memintah apapun tuan
pemilik akan melakukan Tindakan-tindakan sesuai keinginannya entah mau
dibunuh, mau diberikan kebebasan, mau memberikan makan dll semua dikendalikan oleh
pemilik ternak sebagai objek tuan ternak”. Setiap Pola dan system yang digunakan
oleh penjajah adalah bersifat investasi diri,misalnya jalan trans papua yang
hari ini pemerintah Indonesia mengheboh-hebohkan dan bercitra diri atas
pembangunan rumah sosial, Pendidikan. karena realitasnya rakyat papua pada
umumnya tidak mempunyai mobil, motor atau perusahan kapital lainya, kemudian yang
jadi pertanyaan Bersama adalah “Jalan trans Papua untuk siapa? Apakah untuk
rakyat papua yang tak punya mobil dan motor? apakah jalan trans papua untuk
kelancaran transportasi operasi militer dalam melawan TNI-POLRI? atau apakah
jalan trans papua untuk kapitalsime (Investasi dan investor? di sini kita
ketahui Bersama bahwa pemerintah rezim Jokowi-ma’ruf Amin tergesah-gesah
mengsahkan uu cipta kerja (omnibus law) dalam situasi covid-19
dalam pasal-pasalnya memperkaya oportunis penguasa dan oligarki dan membuka
akses-akses perusahaan asing terutama yang jadi, sasaran di west papua,data dan
hasil ivestigasi telah dipuplikasikan dalam documenter film, buku dan
berita salah satu yang kita ketahui adalah buku yang berjudul: Berhala-Berhala Infrastruktur : Potret Dan Paradigma Pembangunan Papua
Di Masa Otsus. Diterbitkan 2020 oleh Lembaga ELSAM Papua dan Papua barat bukunya
menjelaskan dampak-dampak dari pengunan terjadinya kerusahkan lingkungan, bahkan
terjadi keceburuan sosial ancurnya budaya dan hak-hak tanah dirampas oleh
kaum-kaum elit pemodal. selanjut studi kasus yang serupah hari ini PT.Korindo
group eksploitasi hutan dibabat diganti dengan kelapa sawit di boven
digoel yang luas wilayah yang direklaiming tanah setera pulau dewata
bali/kota Jakarta.
Sifat Ketergantungan Kaum Tertindas bangsa rakyat papua barat
Kertangungan sifat mengaharapkan
orang lainya, contohnya seorang jatim piatu yang mengharapak bantuan orang lain
karena mungkin mau membayar sekolah, mau makan kebutuhan, atau seorang ibu janda
yang mengharapakn bantuan orang lain karena mungkin rumahnya rusak. Penyakit
ketergantungan ini disusun sedemikian rupah oleh kaum borjuis, oligarki dan
kapitaslisme yang disponsori oleh kekuatan militerisisasi dan uu kolonail dan
dibantu oleh feodalisme elit lokal sebagai objek penindas.
Situasi ketergantungan ini sangat
sinkron dengan ideologi Teori Marx merupakan suatu teori yang
terutama berhubungan dengan tingkat struktur sosial tentang kenyataan
sosial. Teori ini menekankan pada saling ketergantungan yang
tinggi antara struktur sosial dan kondisi materil, dimana individu harus
menyesuaikan dirinya supaya tetap hidup dan memenuhi pelbagai
kebutuhannya. Atau teori marxisme ideologi ketergantungan yang
menjelaskan kecanduan agamawis .
Pandangan ini sangat
realitas atas situasi di west papua,karena mayoritas rakyat papua belum
memiliki alat-alat produksi dan bahkan belum bisa menciptakan alat-alat
produksi itu sendiri. Alat-alat produksi yang dimaksud adalah mesin
paprik, perusahan, atau jenis-jenis teknologi.
System negara kolonail Indonesia
system campuran walaupun demokrasi dan Pancasila sebagai subtansial
yang selalu diagung-agung oleh penguasa, Rakyat papua tereksploitasi oleh
kapatalisme diatas tanah dan negeri tanah air west papua, dimana semua
sektor sektoran tranksasi pasar dipegang oleh superior suku melayu, orang imigran/pendatang, sebentara OAP sebagai inferior hanya kertergantungan oleh uang, oleh
janji-janji politik pemerintah hal itu terbukti uu otsus gagal tentang
pemberdayaan, proteksi diri, dan perlindungan hak-hak sipil rakyat papua.BERSAMBUNG!
Sumber
referensi:
1. Socratez
Sofyan Yoman : 2012. Saya bukan Bangsa Budak
2. Socratez
sofyan Yoman: 2007. Pemusnahan Etnis Melanesia memecah kebiusuan sejarah
kekerasan di papua barat.
3. Lembaga studi dan advokasi masyarakat (ELSEM):2020.Berhala-Berhala Infrastruktur : Potret Dan Paradigma Pembangunan Papua Di Masa Otsus
4. Ide penulis:2020. orang asli papua ( oap) hidup dalam desain sistem kolonial indonesia.
Terimakasih kawan vileks, gagasannya bagus dan terus nyaris menulis ya kawanku
BalasHapusiya sayang ganteng.wa..wa.
HapusSygg sygg aa😇
BalasHapus