Langsung ke konten utama

ORANG ASLI PAPUA ( OAP) HIDUP DALAM DESAIN SISTEM KOLONIAL INDONESIA.

 

ORANG ASLI PAPUA ( OAP) HIDUP DALAM DESAIN SISTEM KOLONIAL INDONESIA.


oleh: M.Villexz Kogoya
ilustrasi photo di wamena west papua


sesunggunya berbicara tentang papua adalah   isu paling popular didunia dan indonesia, terpopuler nama papua dimana-mana karena ada banyak sebab dan akibat, nama papua mendunia mungkin saja karena isu (kekerasan), militerisasi, eksploitas SDA, perampasan hak-hak OAP, dan kekayaan alam papua,keindahan wisata dan hak penentuan nasip sendiri dan masih banyak sebab akibat membuat nama papua terkenal mendunia. sebentara nama papua barat dibawah kemana-mana, dijual, digadai demi mendapatkan makanan, jabatan, uang oleh pihak-pihak yang berkepentingan, namun sayanya orang-orang tersebut cepat-cepat pergi meninggalkan bumi.

di sini penulis  sebutkan indonesia sebagai kolonial bagi bangsa rakyat papua yang menjadi pertanyaan adalah “mengapa kita sebut negara indonesia sebagai kolonial bagi bangsa rakyat west papua?

untuk menjelaskan dan menyakinkan pembaca tentang sebutan kata kolonialisme perlu meninjau kembali perjalanan indonesia, belanda dan amerika di papua barat.kata kolonialisme menurut kkbi [kolonial] makna kolonial: berhubungan dengan sifat jajahan. contoh: pemerintah kolonial mendirikan perusahaan asing dalam wilayah jajahanya, kata kolonialisme adalah sebutan oleh kaum yang dijajah, ditindas, misal belanda menjajah indonesia selama 350 tahun, rakyat indonesia sebut belanda sebagai kolonialisme/berkoloni di wilayah indonesia, atau nigeria dijajah inggris jadi, negeria sebut inggris sebagai colonial sama halnya  india dijajah oleh inggris.

beberapa unsur yang memenuhi kata kolonialisme dapat saya contohkan langsung kolonialisme indonesia terhadap bangsa west papua:

1.    batas wilayah: adanya batas wilayah  geografis misalnya wilayah papua barat dari sorong sampai mereuke sebagai ras melanesia sedangkan bangsa indonesia sabang sampai ambon sebagai ras melayu(asia tenggara) adanya berbedaan flora dan fauna,jarak pualau tanah,karaksteristik ekosistem sda.

2.    berbedaan ras : adanya berbedaan ras west papua adalah melanesia vs bangsa indonesia adalah melayu (orang-orang asia tenggara), berbedaan fisik, mental, kulit, rambut dll.

3.    perbedaan sejarah kemerdekaan :indonesia merdeka sejak 17 agustus 1945 saat  berbicara badan persiapan kemerdekaan indonesia  (bpupki) tidak orang papua yang ikut dan memperjuangan kemerdekaan indonesia,tidak pernah ikut dalam janji sumpa pemudah, dan tidak pernah terlimpat dalam mengusir belanda. sedangkan bangsa west papua merdeka sejak 1 desember 1961secar de fakto dan de jure. di sini kita melihat bawah kedua bangsa yang besar ini memiliki nasionalisme, edeologi kebangsaan dan sejarah yang berbeda. istilahnya, air dengan minyak tidak bisa bersatu walaupun bereda dalam satu gelas.

4.    adanya gerekan organisasi kiri dalam wilayah koloninya jadi, ada gerekan tentara pembebasan nasional-papua barat (tpb-pb) dengan struktur organisasi yang jelas,memiliki hukum humanitir perang girilya, memiliki ideologi dan adanya basis-basis organisasi mobilisir rakyat pada umumya tentang hak penentuan nasip sendiri. sedangkan dari negara indonesia sebut tpn-pb sebagai organisasi separatis, terorisme dengan sebutan tadi memanfaatkan militerisasi/operasi  di west papua dan akhirnya eskalasi konflik semakin naik mengorbakan rakyat sipil dan adanya  pelanggaran ham sedang berlangsung.

5.    adanya upaya politik  secara terang-terangan oleh indonesia :pemerintah indonesia menyelenggarakan uu tentang otonomi khusus bagi provinsi papua dan papua barat tanpa melihat aspirasi dan keinginan kaum rakyat yang dijajah, dan dintindasnya, adanya upaya melalui kementerian luar negeri  melakukan diplomasi diluar negeri terutama negera-negera yang mendukung hak penentuan nasip sendiri bagi bangsa rakyat west papua,bahkan rakrutmen afirmasi kedinasan tni-polri,pns dan perusahaan BUMN bagi orang asli papua (oap)  tanpa memenuhi syarat dan standarnisasi angkatan kerja dalam dunia kerja. dan masih banyak upaya politik dalam sektor ekenomi, sosial, budaya, agama pendidikan dan kesehatan  yang dilakukan oleh watak kolonialsime indonesia.

6.    adanya pembatasan hak-hak sipil: ruang demokrasi dibungkam,akses internet dimatikan,membatasi akses jurnalis,terjadi diskriminasi, rassialisme, adanya pemusnahan bahasa, budaya dll.

7.    adanya kapitalisasi-perusahaaan-perusahaan asing legal dan non legal yang sedang dieploitasi  dengan jaminan uu seperti omnibus law dan memperkuatnya militer untuk mengamankan jalanya eksploitas korporasi kapitalisme.

Mmasih banyak yang menjelaskan tentang karakteristik kolonial, namun  tujuh point di atas sebagian garis besar sebagai referensi pengantar dalam memahami konteks-konteks kolonialisme.

 

Kehidupan OAP DALAM DESAIN  

pengertian desain wikipedia  desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan objek baru".sedangkan menurut para ahli Dedi Nurhadiat Desain adalah suatu perencanaan dalam mewujudkan berbagai gagasan. dan menurut Makna desain di KBBI adalah: kerangka bentuk; rancangan.

Asumsi kata desain yang adopsikan ke dalam pola-pola penindasan dan penjajahan oleh kolonialisme Indonesia seperti yang dijelaskan dalam buku: Pdt.Dr.Socratez Sofyan Yoman dalam bukunya “Saya bukan Bangsa Budak” :2012 hal. 125. “Penjajahan kolonialisme Indonesia terhadap bangsa west secara sistematis, terstruktur, konseptualitas dan massif” atau dalam padanganya Pdt. Dr. Benny Giyai dalam bukunya “Pemusnahaan Etnis Melanesia  memecah kebisuan sejarah kekerasan di papua barat” :2007. hal. 240. “Orang Papua barat hidup bagaikan babi jadi,analoginya Ketika babi dikandangnya berteriak memintah makan, atau memintah apapun tuan pemilik akan melakukan Tindakan-tindakan sesuai keinginannya entah mau dibunuh, mau diberikan kebebasan, mau memberikan makan dll semua dikendalikan oleh pemilik ternak sebagai objek tuan ternak”. Setiap Pola dan system yang digunakan oleh penjajah adalah bersifat investasi diri,misalnya jalan trans papua yang hari ini pemerintah Indonesia mengheboh-hebohkan dan bercitra diri atas pembangunan rumah sosial, Pendidikan. karena realitasnya rakyat papua pada umumnya tidak mempunyai mobil, motor atau perusahan kapital lainya, kemudian yang jadi pertanyaan Bersama adalah “Jalan trans Papua untuk siapa? Apakah untuk rakyat papua yang tak punya mobil dan motor? apakah jalan trans papua untuk kelancaran transportasi operasi militer dalam melawan TNI-POLRI? atau apakah jalan trans papua untuk kapitalsime (Investasi dan investor? di sini kita ketahui Bersama bahwa pemerintah rezim Jokowi-ma’ruf Amin tergesah-gesah mengsahkan uu cipta kerja (omnibus law) dalam situasi covid-19 dalam pasal-pasalnya memperkaya oportunis penguasa dan oligarki dan membuka akses-akses perusahaan asing terutama yang jadi, sasaran di west papua,data dan hasil ivestigasi  telah dipuplikasikan dalam documenter film, buku dan berita salah satu yang kita ketahui adalah buku yang berjudul: Berhala-Berhala Infrastruktur : Potret Dan Paradigma Pembangunan Papua Di Masa Otsus. Diterbitkan 2020 oleh Lembaga ELSAM Papua dan Papua barat bukunya menjelaskan dampak-dampak dari pengunan terjadinya kerusahkan lingkungan, bahkan terjadi keceburuan sosial ancurnya budaya dan hak-hak tanah dirampas oleh kaum-kaum elit pemodal. selanjut studi kasus yang serupah hari ini PT.Korindo group eksploitasi hutan dibabat diganti dengan kelapa sawit  di boven digoel yang luas wilayah yang direklaiming tanah  setera pulau dewata bali/kota Jakarta.

 

Sifat Ketergantungan Kaum Tertindas bangsa rakyat papua barat

Kertangungan sifat mengaharapkan orang lainya, contohnya seorang jatim piatu yang mengharapak bantuan orang lain karena mungkin mau membayar sekolah, mau makan kebutuhan, atau seorang ibu janda yang mengharapakn bantuan orang lain karena mungkin rumahnya rusak. Penyakit ketergantungan ini disusun sedemikian rupah oleh kaum borjuis, oligarki dan kapitaslisme yang disponsori oleh kekuatan militerisisasi dan uu kolonail dan dibantu oleh feodalisme elit lokal sebagai objek penindas.

Situasi ketergantungan ini sangat sinkron dengan ideologi Teori Marx merupakan suatu teori yang terutama berhubungan dengan tingkat struktur sosial tentang kenyataan sosial. Teori ini menekankan pada saling ketergantungan yang tinggi antara struktur sosial dan kondisi materil, dimana individu harus menyesuaikan dirinya supaya tetap hidup dan memenuhi pelbagai kebutuhannya. Atau teori  marxisme ideologi ketergantungan yang menjelaskan kecanduan agamawis .

Pandangan  ini sangat realitas atas situasi di west papua,karena mayoritas rakyat papua belum memiliki alat-alat produksi dan bahkan belum bisa menciptakan alat-alat produksi itu sendiri. Alat-alat produksi yang dimaksud adalah mesin paprik, perusahan, atau jenis-jenis teknologi.

System negara kolonail Indonesia system campuran walaupun  demokrasi dan Pancasila sebagai subtansial yang selalu diagung-agung oleh penguasa, Rakyat papua tereksploitasi oleh kapatalisme diatas tanah dan negeri tanah air west papua, dimana semua sektor sektoran tranksasi pasar dipegang oleh superior suku melayu, orang imigran/pendatang, sebentara OAP sebagai inferior hanya kertergantungan oleh uang, oleh janji-janji politik pemerintah hal itu terbukti uu otsus gagal tentang pemberdayaan, proteksi diri, dan perlindungan hak-hak sipil rakyat papua.BERSAMBUNG!

 

Sumber referensi:

1. Socratez Sofyan Yoman : 2012. Saya bukan Bangsa Budak

2. Socratez sofyan Yoman: 2007. Pemusnahan Etnis Melanesia memecah kebiusuan sejarah kekerasan di papua barat.

3. Lembaga studi dan advokasi masyarakat (ELSEM):2020.Berhala-Berhala Infrastruktur : Potret Dan Paradigma Pembangunan Papua Di Masa Otsus

4. Ide penulis:2020. orang asli papua ( oap) hidup dalam desain sistem kolonial indonesia.

 


Komentar

Posting Komentar